JKTOne.com – Jakarta Manajemen Ancol memanfaatkan Kerang hijau atau kerang hijau yang merupakan salah satu biota laut yang hidup secara alami di teluk Jakarta. Bagaikan ginjal di dalam tubuh, gugusan kerang hijau di lautan memiliki fungsi untuk memfiltrasi udara laut secara alami. Kerang hijau ini bersifat deposit feeder yakni seluruh partikel yang mengendep di dasar laut dan juga bersifat filter feeder dimana kerang hijau juga menyerap seluruh partikel pada udara yang melewati tubuhnya.

Kerang hijau sebagai Salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas udara di laut ancol dimana kegiatan ini mulai diinisiasi yang dimulai sejak Maret 2018. Eksperimen yang dilakukan dengan meletakkan lima kilogram kerang hijau di dalam karantina Seaworld Ancol. Di dalam persediaan air laut hasil backwash filter sebanyak 50 liter. Setelah didiamkan selama satu jam kondisi air menjadi jernih. kondisi dasar lautan yang penuh dengan saat ini, menjadi keamanan dalam menumbuhkan kerang hijau secara alami di dasar laut. Untuk itu dibutuhkan inisiasi dengan meletakkan substrat padat sebagai sarana yang menempel larva kerang hijau dan menjadi media pertumbuhan kerang hijau hingga dewasa.

Maka dari itu Ancol berkolaborasi dengan Balai Uji Standar Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BUSKIPM) Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk kegiatan restorasi kerang hijau. Dimana akan mempersiapkan ram besi berukuran 50cm X 30cm X 10cm yang mampu memiliki 20kg kerang hijau dan bersama – tempat meletakkannya di dasar laut Jakarta Utara di sekitar Ancol dengan harapan kualitas udara laut Jakarta dapat menjadi lebih baik. Pada kegiatan kali ini, total kerang hijau yang ditebar sebanyak 500 kg.

“Kami melakukan restorasi kerang hijau ini sejak tahun 2018. Total kerang hijau yang sudah kami terbarukan di laut Ancol ini sebanyak 1.600 kg dan hingga tahun 2020 kemarin sudah tumbuh sebanyak 2.600 kg dan selama masa pandemi ini, kami tetap memperhatikan kondisi lingkungan. Kami sangat senang Dapat berkolaborasi dengan BUSKIPM dan berharap dapat berkolaborasi juga dengan Lembaga – Lembaga lainnya. Karena kami tidak bisa bekerja sendirian untuk dapat mengingatkan kualitas air laut khususnya di Teluk Jakarta ini, “ujar Rika Sudranto, Vice President Tirta (Seaword Ancol, Ocean Dream Samudra, dan Atlantis Water Adventure).

Kegiatan ini akan dilakukan edukasi tentang Restorasi Kerang Hijau di Laut Ancol kepada Pramuka Saka Bahari Jakarta Timur, Maritim Muda Nusantara DKI Jakarta dan Kampus Mindo serta BUSKIPM, Direktorat Turut Hadir Konservasi dan Keanekaragaman Hayati Dirjen Pengelolaan Ruang Laut dan Direktorat Kawasan dan Kesehatan Ikan Dirjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Edukasi ini diharapkan dapat memberi pengetahuan yang lebih tentang restorasi kerang hijau dan menjaga kelestarian laut Indonesia.

 

LEAVE A REPLY