JKTOne.com – Muda Aman Mengemudi & Paham Literasi Keuangan Sedari Dini (Muda Mudi) merupakan acara yang diinisiasi oleh Garda Oto, produk asuransi kendaraan dani Asuransi Astra untuk mendukung sekaligus mensosialisasikan kampanye keselamatan berkendara #AlwaysDriveSafety Garda Oto yang telah tercanangkan selama 14 tahun lamanya Di Indonesia, jumlah kendaraan bermotor terus menunjukkan pertumbuhan yang terbilang cukup pesat Dengan jumlah yang kian meningkat setiap tahunnya, bukan hanya kepadatan lalu lintas yang kerap menghiasi beberapa ruas jalan raya, namun peluang terjadinya kecelakaan lalu lintas menjadi semakin sulit untuk dihindari. Sesuai dengan data yang diperoleh Korps Lalu Lintas (Korlontosi Polri, pada tahun 2022 jumlah kecelakaan lalu lintas di Indonesia mencapai 94 617 kasus Dari sekian banyak faktor penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas, salah satu penyebab terbesar adalah kelalaian pengemudi ketika di jalan. Guna meminimalisir risiko dan angka kecelakoan lalu lintas, Asuransi Astra bersama The Real Driving Centre IRDC) berikan literasi defensive driung dan manajemen finansial kepada para pemuda dalam Workshop Muda Mudi secara offline di Universitas Multimedia Nusantara (UMN) (29/5). Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini acara juga dilengkapi dengan literasi manajemen finansial sebagai bentuk dukungan peningkatan literasi keuangan dani Otontas Jasa Keuangan (OJKI. Pada sesi pertama, acara diawali dengan materi yang membahas mengenai defensive driving yang dibawakan secara langsung oleh The Real Driving Centre IRDC) Trainer Marcell Kurniawan Materi disampaikan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman mengenai berkendara dengan selalu mengutamakan keselamatan seperti cara mengemudi dengan aman, benar, serta bertanggung jawab di jalan raya bagi para pengendara dan calon pengendara. Tak hanya disampaikan melalui materi, Marcell juga mengajak para peserta workshop untuk ikut serta melihat secara langsung praktik defensive dnving yang baik dan benar seperti persiapan sebelum berkendara, saat berkendara, hingga sebelum meninggalkan kendaraan.

“Bagi beberapa pengendara khususnya anak muda, hal-hal seperti ini sering dianggap sepele don dilupakan. Nyatanya, menerapkan defensive drming saat berkendara merupakan salah satu kunci untuk meminimalkan kemungkinan terjadinya kecelakaan agar dapat berkendara dengan mengutamakan keselamatan bagi dirinya dan pengguna jalan lainnya serta tetap aman dan nyaman hingga sampai tujuan,” ungkap Marcell.

Kemudian, sesi selanjutnya diisi dengan sesi literasi finansial yang disampaikan oleh Head of PR & Activations Asuransi Astra, Angela Anindita. Pada sesi ini, Angela mengangkat topik mengenai pentingnya manajemen keuangan yang baik bagi para anak muda melalui berbagai faktor yang memicu munculnya masalah finonsial di generasi sekarang hingga solusi terbaik agar lebih cerdas mengelola keuangan pada setiap langkahnya Selam lebih bijaksana dalam mengelola keyangan untuk masa kini dan masa depan, maten ini juga mendorong para anak muda untuk berani melindungi diri dan aset dari berbagai risiko yang merugikan.

“Menjadi anak muda di zaman dengan perubahan yang cukup dinamis ini memang sulit karena berbagai macam tren baru berdatangan sehingga memunculkan perilaku konsumtif yang juga dibungkus dengan rasa takut ketinggalan dan berbeda dengan yang lain Namun tidak boleh berada di zona yang semakin lama menghancurkan Maka dani itu penting untuk memulai pengelolaan keuangan sedini mungkin dengan melakukan hakhol seperti mencatat seluruh pemasukan dan pengeluaran, menyisihkan uang untuk tabungan hingga dana darurat guna mempersiapkan kondisi yang tidak pasti di masa mendatang Karena sesuatu yang direncanakan itu biasanya akan lebih terarah dan teratur,” ujar Angelo.

“Tidak berhenti disitu, sekaligus memberikan literasi dan memperkenalkan beragam produknya, Asuransi Astra juga menghadirkan games interaktif dan menarik untuk dukuti melalui booth aktvasi yang dihadirkan untuk seluruh mahasiswa dari berbagai jurusan di UMN Melalui seluruh rangkaian kegiatan ini, Asuransi Astra selain mengajak para anak muda untuk berkendara dengan aman dan nyaman di jalan raya, namun juga mendorong generasi bangsa untuk mulai mengelola keuangan dengan baik agar dapat berguna di masa kini dan kemudian hari. “Beberapa kecelakaan transportasi memang tidak dapat dihindari dan diluar kendali, namun beberapa diantaranya yang dapat dihindari, harus sebisa mungkin kita hindari Para pengendara harus menyadari bahwa menjaga lalu lintas untuk tetap aman dan nyaman bagi penggunanya bukan hanya tugas para pemangku kepentingan saja, namun justru pengendara itu sendi Maka dari itu, sudah sewajarnya bagi para pengendara mulai membekali dirinya dengan pengetahuan mengenai delensive driving sedini mungkin sebelum berkendara Sebaliknya, kecelakaan yang tidak dapat dihindari tetap dapat diatasi dengan memberikan perlindungan terbaik sebelum risiko terjadi agar terhindar dari kerugian dan pengelola keuangan tetap berjalan dengan baik. Maka dari itu, Asuransi Astra menghadirkan workshop ini agar memberikan manfaat dan peace of mind yang tidak hanya dapat dirasakan sekarang namun juga di masa depan,” ujar Head of PR, Marcomm dan Event Asuransi Astra, Laurentius Iwan Pranoto.

Asuransi Astra menawarkan berbagai macam asuransi untuk memberikan perlindungan untuk diri sendiri, keluarga hingga asetmu. Untuk kebutuhan pribadi, asuransi mobil Garda Oto hadir untuk aset kendaraanmu, melalui aplikasi myGarda, para pelanggan dapat dengan mudah melakukan proses pembelian dan upgrade polis hingga mengajukan klaim di mana pun dan kapan pun Selain itu, asuransi kesehatan perorangan berbasis platform digital Garda Healthtech juga kami hadirkan untuk memenuhi kebutuhan perlindungan kesehatan seperti memudahkan proses pembelian polis, melakukan konsultasi dengan dokter hingga penebusan obat. Serta perlindungan lainnya seperti asuransi perorangan Garda Me, asuransi biaya pendidikan anak Garda Edu, asuransi rumah dan properti Garda Home, dan asuransi perjalanan Garda Trip yang akan membenkan perlindungan ekstra dan rasa peace of mind kepada pelanggan. Seluruh produk asuransi dapat dibeli melalui website gardaoto.com.

 

LEAVE A REPLY