JKTOne.com – Asuransi Astra berupaya konsisten meningkatkan kinerja perusahaan untuk mencapai visinya sebagai the most sustainable general insurance di Indonesia. Berangkat dari hal tersebut, perusahaan berhasil menjaga kinerja keuangan setiap tahunnya terutama pada tahun 2023 dan dianggap berhasil menghadapi perubahan dengan berinovasi, yang dibuktikan dengan tumbuh dan kembang perusahaan ke arah yang lebih baik, meraih dua penghargaan pada Bisnis Indonesia Financial Award 2024 (Bisnis Indonesia) yakni The Best Performance Insurance dalam kategori asuransi umum dengan aset di atas Rp3 Triliun dan The Best CEO Asuransi pada Best CEO Awards 2024.

Bisnis Indonesia Financial Award 2024 merupakan ajang penghargaan untuk memberikan apresiasi kepada pelaku industri, individu maupun perusahaan di sektor finansial yang telah berhasil mencatatkan kinerja unggul, inovasi, dan kontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional. Pada kategori perusahaan asuransi umum, penghargaan ini diberikan kepada perusahaan asuransi yang dalam waktu 3 tahun terakhir dapat mengelola perusahaannya secara efektif dan efisien, sedangkan pengelompokan ditentukan berdasarkan skala total aset perusahaan pada tahun terakhir perhitungan yaitu tahun 2023. Penilaian didasarkan pada kinerja keuangan perusahaan tahun 2023 yang telah diterbitkan dan penilaian kuantitatif melalui tahap screening di mana setiap perusahaan harus memenuhi kriteria awal seperti Net Income, Total Aset, Total Ekuitas pada kuartal IV/2023  harus bernilai positif (+) serta nilai rasio RBC kuartal IV/2022 harus lebih besar sama dengan 120%Setelah lolos tahap screening, dilakukan penilaian terhadap variabel diantaranya hasil underwriting, Total beban usaha, Premi Bruto, Hasil investasi, Total investasi, dan Laba bersih.

Di tengah tantangan yang mempengaruhi kondisi dan kinerja perusahaan, Presiden Direktur Asuransi Astra, Christopher Pangestu, berhasil memimpin dengan kontribusi serta strategi bisnis yang efektif, sehingga meraih gelar The Best CEO di kategori asuransi. Sejak menjabat sebagai President Director pada tahun 2023, Asuransi Astra berhasil mengutamakan pertumbuhan berkelanjutan dengan menyeimbangkan portfolio bisnis dan beradaptasi melalui inovasi terbaru dalam produk, saluran distribusi, dan layanan. Saat ini, perusahaan ini memiliki tiga segmen bisnis utama, yakni asuransi ritel, komersial, dan kesehatan.

Asuransi Astra terus berfokus pada pertumbuhan berkelanjutan sebagai salah satu dasar untuk mempertahankan kinerja dan memberikan peace of mind kepada semua pelanggan. Hal ini diwujudkan melalui berbagai inovasi yang dirancang untuk mengembangkan produk dan layanan, memenuhi kebutuhan, serta memberikan kemudahan bagi pelanggan. Untuk mencapai hasil yang optimal, upaya ini didukung oleh komitmen yang kuat dari peacemate (karyawan Asuransi Astra) dalam penerapan budaya positif dan kemampuan beradaptasi dengan cepat, kreatif, dan inovatif. Di mana salah satu wujud komitmen dan konsistensi ada dalam pelaksanaan strategi triple P roadmap yang terdiri dari Portfolio, People, dan Public Contribution.

Di mana pada Portfolio Roadmap, Asuransi Astra senantiasa melakukan diversifikasi portfolio yang terbagi dalam tiga lini bisnis utama yaitu asuransi kendaraan bermotor, komersial, dan kesehatan. Di samping itu Asuransi Astra menerapkan menerapkan mitigasi risiko agar dapat mencapai hasil underwriting yang lebih baik dengan terus mengedepankan prudent management dalam pengelolaan underwriting, operation excellence, dan mengutamakan profil risk and return dalam pengelolaan investasi. Pada People Roadmap, Asuransi Astra secara aktif meningkatkan kemampuan karyawannya melalui pengembangan hingga sertifikasi keahlian guna berupaya menjaga kesiapan SDM agar dapat bergerak agile dan adaptif terhadap setiap perubahan dan perkembangan bisnis melalui internalisasi budaya kami yaitu, Peace and Fun. Pada Public Contribution Roadmap, Asuransi Astra secara konsisten membantu terwujudnya tujuan pembangunan berkelanjutan yang dicanangkan oleh PBB khususnya di 4 Pilar utama yaitu pendidikan berkualitas dengan literasi keuangan, kesehatan masyarakat di pengentasan stunting, pertumbuhan ekonomi melalui pemberdayaan UMKM, serta kesejahteraan lingkungan dengan upaya mewujudkan net zero emission.

Keunggulan atas kinerja keuangan Asuransi Astra juga dibuktikan dari segi credibility dan pengakuan global, yakni kemampuan perusahaan dalam mempertahankan peringkat skala internasional dari AM Best yaitu Financial Strength Rating A (Excellent) dengan outlook stabil  dan perolehan peringkat Indonesian National Scale Rating aaa.ID (Exceptional) dari AM Best dengan outlook stabil atas pencapaian Asuransi Astra di tahun 2023.

“Keberhasilan dalam kinerja keuangan yang baik ini merupakan cerminan atas komitmen dan dedikasi luar biasa dari seluruh karyawan Asuransi Astra. Saya yakin bahwa semua pencapaian dari inovasi yang telah kita capai tidak lepas dari kerja sama tim, dukungan yang kuat, dan tujuan bersama untuk memberikan yang terbaik serta pengalaman yang tak terlupakan bagi pelanggan. Harapannya dari penghargaan ini, dapat dijadikan motivasi agar kita dapat menghadapi tantangan di masa depan dengan percaya diri, berani berinovasi, sehingga dapat meraih tujuan,”ujar President Director Asuransi Astra, Christopher Pangestu.

LEAVE A REPLY