JKTOne.com, Jakarta – Bermain merupakan salah satu aspek penting dalam tumbuh kembang anak.  yang dapat mengoptimalkan aspek fisik, kognitif, emosi, bahasa dan sosial sang buah hati.

Namun, salah satu tantangan terbesar bagi orangtua modern saat ini adalah susahnya menyeimbangi lima aspek tersebut, dan cenderung fokus ke aspek kognitif dengan penggunaan gadget dan internet sejak dini.

Padahal, ada potensi adiksi yang mungkin timbul akibat penggunaan gadget dan berdampak tidak baik dalam kemampuan interaksi anak terhadap lingkungannya.

Melihat pentingnya hal tersebut, WONDERFEST hadir sebagai festival anak dan keluarga terbesar di Indonesia yang menawarkan berbagai pengalaman bermain interaktif dan edukatif di Jakarta Convention Center pada tanggal 20-23 Juni 2019 nanti.

Desy Bachir, Co-Chairman WONDERFEST dalam press conference event ini di Jakarta (10/04/2019) menjelaskan, “Kami melihat kurangnya aktivitas atau acara edukatif yang didedikasikan khusus untuk anak dan keluarga apalagi saat liburan panjang sekolah. WONDERFEST menawarkan berbagai pengalaman interaktif dan edukatif, dan diharapkan dapat menjadi salah satu solusi yang bisa mendukung lima aspek tumbuh kembang anak yang optimal serta momen kedekatan (bonding) istimewa bagi seluruh anggota keluarga,” jelasnya.

Anna Surti Ariani, Psikolog Anak & Keluarga menjelaskan tentang kelima aspek tersebut yang bisa didapat anak saat bermain.

“Ada lima aspek penting tumbuh kembang anak yang bisa didapatkan dari bermain, yakni aspek fisik untuk menstimulasi koordinasi motorik kasar dan motorik halus, aspek kognitif untuk meningkatkan kemampuan konsentrasi, daya ingat, dan keluasan wawasan, aspek bahasa untuk menambah kosa kata anak dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi, aspek emosi untuk belajar mengalami semua jenis emosi dan mengendalikannya, serta aspek sosial untuk membuat anak bisa berteman dan bekerjasama. Bahkan belajar pun akan lebih efektif jika bisa dilakukan sambil mereka bermain,” ungkap Anna.

Mona Ratuliu, Figur Publik & Penulis ParenThink menceritakan pengalamannya dalam mengasuh anak-anaknya, “Melek teknologi dan internet adalah keharusan bagi saya sebagai orangtua dari generasi 2 dan Alfa. Dua generasi ini memang keseharian dan rutinitasnya lebih banyak didominasi oleh internet. Jadi saya harus cerdas dalam menyeimbangkan hal-hal lain yang menyangkut tumbuh kembang anak-anak, terutama saat mereka masih bayi hingga 12 tahun. Hadirnya WONDERFEST menjadi pilihan acara yang menarik karena kegiatan edukatif dikemas dengan sangat menarik dan interaktif, sehingga anak-anak dan orangtua tetap bisa menikmati seluruh rangkaian acara tanpa merasa bosan.”

Jadi, ada apa saja sih di WONDERFEST? Klik ini

LEAVE A REPLY