Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi pada pembukaan 5th Congress Indonesia Diaspora, Sabtu 10 Agustus 2019

JKTOne.com, Jakarta – Acara Kongres Diaspora Indonesia ke-5 (The Fifth Congress of Indonesian Diaspora) – CID5 resmi dibuka pada Sabtu, 10 Agustus 2019. Bertempat di The Kasablanka Hall, Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, pembukaan dimulai dengan membawakan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Sesi utama pada pembukaan kongres dengan topik ‘Understanding the Indonesia Diaspora and How to Harness Their Immense Potential’ ini akan dihadiri oleh beberapa tokoh penting, seperti Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan Kemudian ada Founder Foreign Policy Community Indonesia (FPCI) sekaligus Chairman of the Board of Trustees of IDN , Global Dino Patti Djalal, Founder Narasi.tv, Najwa Sihab dan masih banyak lagi.

dok by Kintan

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi menyampaikan dukungannya atas terselenggarakannya CID-5 yang bertajuk ‘Empowering Indonesia’s Human Capital’ dan diselenggarakan selama 2 hari ini, 12-13 Agustus mendatang. Ia menilai ada jutaan diaspora¬† di Indonesia yang harus mendapat apresiasi.

Selain itu, ia juga mengutip pesan dari Presiden Joko Widodo agar diaspora Indonesia dapat mengembangkan sumber daya manusia (SDM) untuk kemajuan Indonesia.

”Visi dari pemerintahan Pak Jokowi dalam 5 tahun ke depan diantaranya adalah untuk menciptakan SDM yang berkualitas. Pembangunan SDM yang berkualitas ini membutuhkan dukungan dari semua pihak.Untuk itu, diaspora bertalenta tinggi harus kita beri dukungan agar memberikan kontribusi besar bagi percepatan pembangunan Indonesia,” ungkap Menlu.

Retno juga mengatakan bahwa diaspora dapat menjadi agen pengembangan SDM di Indonesia. Pemerintah akan terus mencari data dan membuat database mengenai sebaran diaspora yang berada di Indonesia guna membuat sistem yang lebih terkoordinasi.* (Kintan)

LEAVE A REPLY