Greenpeace Ajak Masyarakat Peduli Hutan Bercerita/ (JKTOne.com/INT)

JKTOne.com – Pemanasan Global semakin terasa. Hal ini diakibatkan dari adanya penebangan hutan secara besar-besaran, yang seringkali menjadi andil besar dalam pemanasan global di seluruh dunia. GelaranĀ ini diadakan dalam menyambut Hari Bumi yang jatuh pada 22 April 2019.

Melatarbelakangi hal tersebut, Greenpeaceid mengadakan acara Hutan Bercerita yang bertema “Harapan Untuk Bumi” di kawasan Jakarta Selatan, Sabtu (20/4/2019). Kegiatan ini mengajak para pengunjung untuk sadar akan fungsi hutan dan kekayaan yang ada didalamnya.

Selain itu, pengunjung juga dapat memberikan support bagi gerakan-gerakan yang mendukung kelestarian hutan dengan memberikan donasi sesuai dengan kemampuan. Terdapat beberapa rangkaian acara yang bisa pengunjung nikmati, seperti talkshow, live music dan foto-foto booth.

Selain itu ada juga Indonesian Forest Photo Exhibition yang memamerkan keindahan sekaligus juga kerusakan hutan akibat ulah manusia.

“Kita pengen ngajak masyarakat Indonesia untuk menjaga hutan dan alam sekitar kita. Lalu memberikan pengetahuan seputar pembangunan yang ramah lingkungan itu seperti apa. Kita cuma punya waktu 12 tahun untuk bisa bertahan dan menyelamatkan hutan terutama di Indonesia. Jadi kita perlu gerak cepat untuk bisa mempertahankan alam kita terutama hutan,” kata Annisa Rahmawati selaku Juru Kampanye Hutan Greenpeace Indonesia.

Menurutnya, peran para traveler dalam menjaga alam itu juga sangat penting. Menggunakan publik transport untuk mengurangi polusi, tidak menyisakan sampah ditempat dimana mereka datangi, tidak merusak alam saat naik gunung, itu adalah hal-hal simple yang bisa di lakukan. Apalagi hutan memberikan manfaat sebagai penghasil oksigen, mengatur air, menyimpan air dan menahan banjir yang mengakibatkan longsor.

“Saya pikir untuk generasi muda harus mulai berpikir tentang lifestyle ramah lingkungan dan melahirkan inovasi yang dapat menjaga kelangsungan alam,” tutupnya.

LEAVE A REPLY