JKTOne.com – Dalam mewujudkan visi “Bring Peace of Mind to Millions”, Asuransi Astra senantiasa berkomitmen menjadi good corporate citizen dengan mengedepankan prinsip ESG dalam menjalankan setiap aktivitas bisnis. Yang mana sejalan dengan salah satu misi kami yaitu “Menjadi warga usaha yang melaksanakan tanggung jawab sosial dan mengelola lingkungan hidup secara berkesinambungan”. Berkat upayanya, Asuransi Astra meraih Indonesia Green and Sustainability Companies (IGSCA) 2024 dengan titel Best Innovation in ESG Implementation pada bidang Jasa dan Keuangan predikat Very Good oleh SWA Media Group dan Indonesia CSR Awards 2024 sebagai Best Corporate Social and Environmental Responsibility Awards 2024 for Implementing the Creation of Shared Value through Sustainability Initiatives dalam kategori General Insurance oleh Warta Ekonomi. Perhelatan Indonesia Green and Sustainable Companies Award (IGSCA) 2024 adalah bentuk apresiasi, sekaligus cermin pengingat bahwa di tengah pertumbuhan (growth) yang dikejar, perusahaan – perusahaan juga harus terus konsisten berada di jalur penerapan prinsip-prinsip hijau, seperti circular economy yang diberikan oleh SWA Media Group. Dalam penilaiannya, pada tahap pertama SWA mengundang para perusahaan yang telah memenuhi Green Standards dan memiliki peringkat PROPER minimal Biru (bagi perusahaan yang wajib melaporkan pengelolaan lingkungan) untuk berpartisipasi. Kemudian para perusahaan diperkenankan untuk memiliki salah satu dari dua kategori Best Innovation in ESG Implementation dan Best Innovation in Circular Economy Implementation. Setelah melengkapi berkas yang dibutuhkan, redaksi akan menetapkan 20 perusahaan finalis untuk maju ke tahap penjurian final melalui presentasi secara daring dengan dewan juri dan penilaian pun selesai dengan ketentuan score jika di atas 70 maka ditetapkan lulus, 70 – 80 akan mendapatkan predikat good, serta di atas 90 akan mendapatkan predikat very good.

Sedangkan penghargaan Indonesia CSR Awards 2024 merupakan penghargaan kepada perusahaan dari berbagai sektor industri yang memiliki komitmen kuat untuk menerapkan program CSR dalam kegiatan perusahaannya. Penghargaan ini bertujuan agar para perusahaan dapat terus meningkatkan pelaksanaan program tanggung jawab sosial perusahaan yang berorientasi menginspirasi akan pelaksanaan berkelanjutan. Metode penilaian dilakukan dengan desk research deskriptif kuantitatif dan kualitatif, dengan menganalisa laporan tahunan maupun sustainability report. Kinerja dari program CSR bagi perusahaan diukur dari Social Sector, Environmental Sector, dan Education Sector. Selanjutnya penilaian dilakukan dengan metode media monitoring, yang merupakan metode penelitian kualitatif menggunakan pendekatan media monitoring dengan mengutilisasi boolean technique, untuk melihat berbagai sentiment positif yang muncul di media arus utama (mainstream) ataupun media sosial terhadap kondisi program tanggung jawab sosial lingkungan dari perusahaan berbagai sektor serta inovasi terkini selama tahun 2022 sampai Agustus 2024.

Asuransi Astra sebagai bagian dari Global Corporate Citizen, berpartisipasi dan berkontribusi secara aktif dalam upaya dan inisiatif terkait Environment, Social & Governance (ESG) yang mengacu kepada Astra 2030 Sustainability Aspirations dan roadmap keuangan berkelanjutan serta konsep taksonomi hijau yang telah dicanangkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Asuransi Astra beraspirasi untuk bisa menjadi the most sustainable green insurance company di Indonesia yang diselaraskan dengan framework strategi perusahaan 3 (triple) P Roadmap Roadmap, yaitu Portfolio Roadmap, People Roadmap dan Public Contribution Roadmap. Pada Portfolio Roadmap, operasional bisnis dan pengembangan usaha secara berkelanjutan bertransformasi menuju green company melalui Green Insurance Products/Services seperti wreck removal insurance, asuransi UMKM, renewable energy power plant & asuransi mikro serta Green Operation seperti pengurangan Gas Rumah Kaca, energi terbarukan, penghematan air, pengelolaan limbah, solar panel dan mobil EV/hybrid. Kemudian pada People Roadmap, perusahaan berkomitmen mendorong karyawan untuk dapat mengembangkan potensinya dan berkontribusi secara penuh dalam budaya yang sehat melalui training dan sertifikasi di bidang industri asuransi dan profesi, inklusivitas dan diversitas, serta konsisten menjalankan prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Pada Public Contribution Roadmap, peningkatan kontribusi sosial untuk mendukung dan memberdayakan masyarakat yang difokuskan pada empat pilar, yaitu Pilar Pendidikan melalui beasiswa, literasi dan inklusi keuangan, sekolah vokasi, Pilar Kesehatan melalui penurunan stunting dandan pembinaan posyandu, Pilar Lingkungan melalui penanaman pohon atau mangrove hingga terumbu karang, sampah, solar panel, serta Pilar Kewirausahaan melalui dana bergulir UMKM.

Guna mendukung akselerasi dan skala implementasinya diwujudkan melalui program Estafet Peduli Bumi (EPB) yang telah dilaksanakan dengan kolaborasi Pentahelix di 14 kota di Indonesia meliputi Medan, Semarang, DKI Jakarta, Balikpapan, Makassar, Denpasar, Sumba, Cianjur, Surabaya, Lombok, Malang, Palangkaraya, Yogyakarta, dan Bogor. Pelaksanaan kegiatan juga mengacu kepada Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan (RAKB) dan Astra 2030 Sustainability Aspirations sebagai bentuk komitmen kami dalam membangun bisnis berkelanjutan dan meningkatkan kualitas kehidupan yang bermanfaat bagi masyarakat, lingkungan hidup, serta seluruh pemangku kepentingan. Setiap inisiatif juga senantiasa dijalankan dengan prinsip “pemberdayaan” dan “berkelanjutan”, sehingga pemantauan dari setiap perkembangan program menjadi penting. Oleh karena itu, Asuransi Astra juga mengembangkan Sustainability Information System yang akan membantu proses monitoring, reporting dan manajemen ESG menuju Green Insurance Company.

“Kini implementasi ESG dianggap sebagai kunci untuk menciptakan nilai jangka panjang dan memberikan dampak positif bagi masyarakat serta lingkungan. Dengan menjalankan tanggung jawab kami, kami berusaha untuk tidak hanya memenuhi sekadar ekspektasi, namun benar-benar ikut serta sebagai agen perubahan yang proaktif yang memberikan dampak positif yang nyata. Kemenangan Asuransi Astra ini mencerminkan komitmen dan dedikasi seluruh karyawan terhadap keberlanjutan dan tanggung jawab sosial, semoga juga dapat dijalankan lebih baik dan menjadi inspirasi bagi perusahaan lain untuk bergabung dalam perjalanan ini demi menciptakan lingkungan yang lebih baik dan nyaman untuk ditinggali,”ujar Widya Adi Tjahjono, Chief Compliance and Risk Management Asuransi Astra.

LEAVE A REPLY