JKTOne.com, Jakarta – Ciptadana Art Program kembali dengan menggandeng seniman asal Sumatera Barat kelaharian 1974, Gusmen Heriadi.

Seniman lulusan Institut Seni Indonesia (ISI), Jogjakarta tahun 2005 dan menetap di kota gudeg ini mengambil tema deep skin – deep skin untuk karya-karyanya yang di pamerkan kali ini. Dengan memperlihatkan metafora dari perasaan dan perdebatan mengenai isu budaya dan tradisi dalam kehidupan modern bermasyarakat.

Sebagian besar karya yang diciptakan merupakan bukti nyata dari beragam impian, tanggapan perihal kehidupan dan pandangan filosofis kritis sang seniman yang banyak ditampilkan dalam karya – karyanya merupakan hasil dari perkebangan kultur dan budaya disertai kebiasaan sehari-hari serta pengaruh dari luasnya pergaulan seni dan proses pembelajarannya.

Bilangan Kosong. Karya Gusman Heriadi (photo by Intan)

“Sebagaimana kami kerap menampilkan dari tahun ketahun, Ciptadana Art program kembali hadir dalam mempromosikan dialog yang menjembatani komunitas bisnis di Indonesia dan dunia seni yang dinamis. Gusman kerap menampilkan karyanya dalam dua dekade terakhir dan kami sangat antusias untuk dapat menampilkan karya-karya sang seniman didalam program kami tahun ini,” ungkap Emmo Italiander, selaku kurator seni pameran Ciptadana Art Program.

Gusman Heriadi mengeksplorasi kebanggaan akan ’identitas’ manusia dan bagaimana kebanggaan tersebut berdampak pada lingkungan dan kehidupan makhluk lainnya melalui pendefinisian dari segi ‘esensi’ dan ‘status’.

“Saya ingin menunjukkan bahwa dalam kehidupan kita, banyak sekali hal-hal, kehidupan lain yang harus dikorbankan. Terutama alam. Ada kematian saat kita menggunakan kulit hewan, ada gajah yang mati karena diambil gadingnya hanya untuk memenuhi gaya kita. Saya ingin menekankan bahwa kita sejatinya harus menjaga alam, dan berdampingan dengan alam, ” ungkap Gusman Heriadi.

Pameran terbuka untuk umum dan akan berlangsung sejak 22 November hingga 14 Desember 2018 di Ciptadana Art Space lantai 5 Gedung Ciptadana Center.

(Penulis : Intan)

LEAVE A REPLY