JKTOne.com –┬áMelakukan rutinitas baru seperti bekerja atau sekolah dari rumah tentu saja bukan hal yang mudah, banyak sekali tantangan yang harus dihadapi seperti adanya distraksi dari anggota keluarga yang lain ataupun ruang kerja yang terbatas. Kondisi tersebut tentunya juga dapat berdampak pada kondisi diri kita karena rutinitas harian di rumah yang sama selama berbulan-bulan.

Untuk itu, mengubah tampilan beberapa ruangan serta penyesuaian perabotan rumah tentunya bisa menjadi salah satu solusi agar rumah tetap nyaman dan kita bisa lebih produktif di rumah. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk mengubah suasana ruang di dalam rumah di era adaptasi kebiasaan baru, yaitu :

1. Lepaskan penatmu bersama keluarga

Penataan ulang ruang keluarga juga tak kalah penting. Sebagai salah satu tempat untuk melepas penat setelah seharian bekerja atau sekolah dari rumah, ruang keluarga juga harus diatur ulang sedemikian rupa agar lebih nyaman bagi seluruh keluarga. Salah satu tips yang dapat dilakukan adalah menempatkan perabot multifungsi. Selain karena fungsinya, kehadiran perabot juga dapat mempercantik interior sebuah ruangan.

2. Sulap ruang tamu jadi tempat kerja yang nyaman

Yuk, coba tengok ruang tamu di rumah saat ini. Kita bisa lho menyulapnya menjadi ruang kerja hanya dengan menambah beberapa perabot seperti meja lipat untuk meletakkan laptop, papan memo untuk menempelkan pengingat, storage box untuk menyimpan dokumen dan berbagai kabel charger, dan tidak lupa beri pencahayaan yang nyaman dengan menambah standing lamp untuk menyebarkan cahaya terarah di meja kerja kita.

3. Hangatkan momen santap bersama

Waktu bersantap bersama adalah momen berbagi cerita dan kasih sayang bersama keluarga. Biasanya menyiapkan makanan pun menjadi momen yang sangat menyenangkan, terlebih lagi pada kondisi saat ini kita tidak bisa makan bersama di restoran atau mall. Mengatur ulang dapur dapat dilakukan untuk membangun suasana baru.

4. Ciptakan suasana kerja yang asri di teras rumah

Banyak orang merasa kesulitan berkonsentrasi untuk bekerja di rumah. Terlebih lagi jika ada distraksi dari anggota keluarga atau tetangga. Salah satu cara untuk membangun semangat walaupun bekerja dari rumah adalah dengan menciptakan suasana yang mendukung. Untuk itu, mencari suasana baru untuk bekerja pun bisa dilakukan. Tak melulu kerja di kamar atau ruang tamu, kita juga bisa mencoba di teras rumah lho.

5. Istirahat lebih tenang agar produktivitas terjaga

Setelah lelah bekerja dan belajar seharian, kita dapat melepaskan penat dan tekanan sejenak di tempat tidur. Untuk itu, menata ulang kamar tidur perlu dilakukan untuk meningkatkan mood serta menjaga agar baterai tubuh penuh dan siap beraktivitas kembali.

Public Relations Manager IKEA Indonesia Ririn Basuki mengatakan, masa adaptasi kebiasaan baru tentunya membawa banyak perubahan di seluruh aspek kehidupan kita. Salah satu faktor penting untuk menunjang produktivitas saat melakukan aktivitas bekerja atau sekolah dari rumah adalah tersedianya ruang yang nyaman.

“Untuk itu, IKEA ingin mendorong lebih banyak orang untuk berani berubah dengan mulai menata ulang ruangan dalam rumah agar berkegiatan di rumah saja tetap menyenangkan dan produktif,” katanya.

Nah, itulah tadi beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengubah suasana ruangan di dalam rumah menjadi tempat yang nyaman untuk bekerja, belajar dan beraktivitas di era adaptasi kebiasaan baru ini. Jangan lupa, kuncinya adalah #BeraniUntukBerubah dan beradaptasi sesuai dengan kondisi saat ini. Jangan takut untuk memulainya karena perubahan bisa dilakukan dari hal yang kecil sekalipun.

LEAVE A REPLY