Program Work Ready merupakan kelanjutan dari program Pendidikan Global yang diinisiasi oleh British Council Indonesia sejak 2016 untuk membekali siswa menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). (JKTOne.com/Lid)

JKTOne.com – British Council Indonesia dan PT Bank HSBC Indonesia (HSBC Indonesia) bekerja sama dengan Dinas Pendidikan DKI Jakarta kembali menghadirkan program Work Ready edisi kedua yang bertujuan untuk mempersiapkan lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang siap kerja.

“Tantangan pendidikan kejuruan di Indonesia dapat dicapai dengan semangat gotong-royong melalui dukungan berbagai pihak. Kami sangat mengapresiasi program Work Ready yang dilaksanakan melalui kerja sama dengan HSBC Indonesia dan British Council dalam menyiapkan lulusan SMK yang berdaya saing global,” kata Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Nahdiana dalam Virtual Conference, Rabu (20/5/2020).

Tahun ini, dengan adanya wabah Covid-19, Work Ready bertitik berat pada penguatan sistem pendidikan kejuruan melalui peningkatan kapasitas guru dalam melaksanakan proses pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi.

“Pemanfaatan teknologi merupakan sebuah solusi untuk keberlanjutan pendidikan di masa krisis akibat pandemi Covid-19, namun ke depan pun pembelajaran daring sangat diperlukan bagi pendidikan kejuruan dalam memaksimalkan potensi para siswa SMK untuk memiliki keterampilan adaptif dengan perkembangan zaman,” lanjutnya.

Di tahun kedua pelaksanaan program Work Ready ini, para guru SMK akan mengikuti rangkaian webinar sebagai pembekalan memanfaatkan teknologi dalam mengintegrasikan keterampilan–keterampilan abad ke-21 ke dalam proses belajar dan mengajar yang optimal, rangkaian webinar terdiri dari kombinasi teori, praktik menggunakan perangkat teknologi pengajaran, serta simulasi mengajar.

Semantara Colm Downes, Direktur Pendidikan, Sosial dan Bahasa Inggris British Council Indonesia mengaku banga dapat melanjutkan kerja sama dengan HSBC Indonesia dan Dinas Pendidikan DKI Jakarta dalam mempersiapkan generasi muda yang siap kerja dan mampu menjawab tantangan persaingan global melalui pendidikan kejuruan.

“Melalui program Work Ready, kami berharap dapat menyiapkan para guru SMK untuk menjawab tantangan proses pendidikan jarak jauh melalui metode daring dengan memanfaatkan teknologi untuk berbagai bentuk aktivitas belajar mengajar,” harapnya.

Di sisi lain, Nuni Sutyoko, Head of Corporate Sustainability PT Bank HSBC Indonesia menyampaikan bahwa kegiatan ini salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi dan daya saing tenaga kerja Indonesia di masa depan, khususnya lulusan SMK.

“Melalui program ini HSBC Indonesia bersama British Council Indonesia berkontribusi untuk meningkatkan keberdayaan para guru agar dapat secara maksimal memanfaatkan teknologi ke dalam proses belajar dan mengajar yang efektif, agar tujuan program Work Ready tetap dapat tercapai,” tutur Nuni.

Program Work Ready sudah terlaksana sejak tahun 2018 dan telah memberikan rangkaian pelatihan intensif kepada lebih dari 300 guru dan manajer sekolah di SMK dengan dukungan dari Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

Rangkaian webinar Work Ready edisi kedua ini akan berlangsung selama 20 Mei – 10 Juni 2020 dan akan diikuti oleh lebih dari 1000 guru dan manajer sekolah SMK swasta dan negeri di DKI Jakarta.

Program Work Ready merupakan kelanjutan dari program Pendidikan Global yang diinisiasi oleh British Council Indonesia sejak 2016 untuk membekali siswa menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

LEAVE A REPLY