Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara saat menghadiri peluncuran Shopee "Kreasi Nusantara dari Lokal untuk Global" di Jakarta, Kamis (21/3/2019). (JKTOne.com/INT)

JKTOne.com, Jakarta – Meningkatnya pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia pada pasar jaringan (online) hingga tingginya transaksi belanja masyarakat harus mendapat dukungan dari penyedia layanan jual beli secara (e-commerce), begitu juga Pemerintah.

Demikian disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara saat menghadiri peluncuran Program Shopee “Kreasi Nusantara dari Lokal untuk Global” di Jakarta, Kamis (21/3/2019).

“UMKM merupakan masa depan ekonomi digital dan e-commerce Indonesia. Pertumbuhannya pun harus secara serius didukung oleh dari para pelaku e-commerce itu sendiri,” kata Rudiantara dalam sambutanya.

Untuk itu, lanjut Rudiantara, pihaknya dalam hal ini pemerintah akan terus memfasilitasi para pelaku ekonomi UMKM, diantaranya dengan mempermudah ijin para pelaku usaha. “Pemerintah juga mendorong marketplace untuk meminimalisir perantara dalam transaksi,” ungkapnya.

Rudiantara juga menegaskan bahwa program “Kreasi Nusantara dari Lokal untuk Global” yang digelar e-commerce Shopee dapat mengurangi defisit neraca berjalan¬†Indonesia karena memaksimalkan potensi penjualan produk lokal ke luar negeri.

“Apa yang dilakukan oleh Shopee berkaitan dengan bagaimana upaya Indonesia mengurangi defisit neraca berjalan. Setidaknya dapat membantu UMKM melakukan transaksi lintas negara,” tukasnya.

Sementara itu, Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja menegaskan, peluncuran program ini sekaligus merayakan satu tahun “Kreasi Nusantara” yang telah diwujudkan sejak tahun lalu.

Angklung Saung Mang Ujo mengisi acara diskusi ‚ÄúPotensi Ekspor bagi UMKM Menjadi Kekuatan Ekonomi Global” yang diadakan oleh Shopee pada Kamis (21/3/2019) di Jakarta. (JKTOne.com/INT)

“Program ini kelanjutan kami, dan sebagai bentuk komitmen kami untuk mendukung UMKM mengembangkan bisnis onlinenya, dan terbukti telah berhasil hingga sekarang memperluas jangkauannya ke negara negara dimana Shopee beroperasi,” ungkap Jahja.

Hingga saat ini, lanjutnya, program “Kreasi Nusantara” telah mengkurasi sekitar 25 ribu produk lokal setiap minggunya, dengan peningkatan transaksi hingga delapan kali lipat sejak diluncurkan.

“Kami yakin melalui dukungan edukasi dan pemasaran yang tepat, produk lokal dapat bersaing dengan baik di pasar internasional,” harapnya.

Untuk merayakan peluncuran program ini, pengguna dapat menikmati promo spesial dilaman (Situs Website) Kreasi Nusantara edisi Spesial Ulang Tahun. Nikmati diskon hingga 70%, mulai 21 hingga 27 Maret 2019 untuk produk lokal terpilih.

(Penulis : Kintan)

LEAVE A REPLY