JKTOne.com –¬†Perkembangan teknologi otomotif terkini, komponen turbo sudah umum disematkan pada beberapa model mobil oleh produsen otomotif, seperti Daihatsu yang telah menyematkan teknologi turbocharger pada model mobil Daihatsu di Jepang memiliki kapasitas cc mesin yang lebih kecil, namun memiliki performa rata-rata rata hingga 30 persen dari kapasitas mesin bangun.

Contohnya seperti mobil Daihatsu Tanto dengan mesin berkapasitas 660 cc, memiliki performa setara dengan mobil berkapasitas 1.000 cc.

Secara fungsi dan mekanis, komponen turbocharger pada mobil Daihatsu mengadaptasi sistem dengan cara mendorong induksi di dalam mesin mobil dengan memanfaatkan gas buang dari mesin untuk menghasilkan udara dalam jumlah besar menuju silinder untuk sistem bakar. Karena turbocharger yang memanfaatkan aliran udara sistem pembakaran di saluran buang sebagai sumber energi, maka dipastikan kendaraan Daihatsu juga lebih ramah lingkungan.

Anjar Rosjadi, Kepala MPPD (Divisi Perencanaan Produk Pemasaran) PT Astra Daihatsu Motor mengatakan, Daihatsu di Jepang telah meluncurkan 3 produk baru dalam 2 tahun terakhir yang mengaplikasikan teknologi turbocharger pada mobilnya, seperti Daihatsu New Tanto, dan Daihatsu Rocky pada 2019, dan Daihatsu New Taft pada 2020.

“Daihatsu selalu berusaha memenuhi permintaan pelanggan yang menginginkan sebuah kendaraan dengan performa tinggi, dan lebih ramah lingkungan,” tutupnya.

LEAVE A REPLY